Wisata Sumatera Utara Dengan Berjuta Keindahannya

Sumatera Utara merupakan salah satu tujuan destinasi terbaik di Indonesia, dengan keindahan alam yang mendunia juga menjadi daya tarik pada wisatawan lokal maupun internasional berbondong-bondong datang tiap tahunnya. Selain wisata alam provinsi bagian barat Indonesia ini juga menyediakan wisata sejarah untuk dinikmati.

Letak geografis Sumatera Utara memberikan nilai lebih dan sangat sayang untuk dilewatkan. Jika anda sedang jalan-jalan ke Sumatera Utara singgahlah untuk menikmati berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk menghilangkan penat karna kegiatan sehari-hari.

1. Danau Toba
Terkenal hingga keluar negri, freebet slot tanpa syarat ternyata danau toba juga memiliki historis yang sangat mengagumkan. Danau toba adalah sebuah danau kawah kebanggaan Indonesia terkhususnya warga Sumatera Utara. Diperkirakan sekitar 74.000 tahun yang lalu danau ini terbentuk akibat sebuah letusan supervolcano dahsyat hingga terciptalah sebuah danau dan pulau yang terdapat di tengah danau tersebut yang memiliki luas hampir sebanding dengan negara Singapura.

Melihat danau toba dari kejauhan atau dari dekat membuat seseorang pasti akan bertanya apakah itu danau atau laut melihat ukurannya yang sangat luas sekitar 1.145 kilometer persegi. Sehingga menempatkan danau ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan menempati urutan kedua danau terbesar di dunia. Selain luas, danau toba juga memiliki kedalaman mencapai 450 meter.

Danau toba merupakan sebuah kawasan wisata yang menantang dan memang layak untuk didatangi. Disekitar wilayah danau toba juga memiliki beberapa tatanan pohon pinus yang berdiri tegak dan terlihat sangat asri. Selain itu danau ini banyak dikelilingi oleh air terjun yang juga cukup terkenal di Sumatera Utara. Jangan khawatir jika anda merasa kedinginan sewaktu berada disekitaran danau, sebab di daerah tersebut juga banyak menyediakan tempat pemandian air panas yang sumber airnya langsung dari bukit yang mengalir.

Pulau Samosir
Ditenah danau toba terdapat sebuah pulau dengan tinggi sekitar 1.000 mdpl. Di pulau ini juga banyak terdapat tempat wisata serta makam raja-raja yang terbuat dari batu dan diyakini telah berusia hingga 500 tahun. Selain itu anda juga dapat melihat beberapa rumah adat suku asli yang masih berdiri megah diwilayah tersebut.

Dan ini termasuk yang paling fenomenal, ditengah danau toba terdapat pulau Samosir yang memiliki dua buah danau yang belum terjamah. Masyarakat sekitar menamakannya sebagai Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di pulau Samosir ini juga dapat ditemukan pegunungan berkabut dan pemandian air terjun untuk aktivitas berendam atau berenang dan masyarakat peladang.

2. Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)
Salah satu kawasan yang memiliki luas sekitar 1.094.692 hektare ini secara administrasi masuk kedalam wilayah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. TNGL atau Taman Nasional Gunung Leuser ini meliputi beberapa daerah seperti Karo, Dairi dan Langkat.

Wilayah ini banya di kelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan sebagai lokasi penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan, budidaya, pariwisata, pendidikan dan juga rekreasi. Berikut ini adalah beberapa daerah tujuan yang bisa dikunjungi jika anda sedang berada di Sumatera Utara.

Bukit Lawang
Sebuah daerah wisata yang cukup terkenal di Sumatera Utara karena digunakan sebagai pusat rehabilitasi Orangutan Sumatera sejak tahun 1973. Bukit Lawang (Pintu ke Bukit) merupakan sebuah desa kecil yang terletak di selatan Taman Nasional Gunung Leuser. Bukit lawang adalah sebuah pintu gerbang untuk masuk ke hutan yang terkenal dan melegenda TNGL (3.404 meter).

Memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 90 km tentu tidak begitu melelahkan sebab apa yang akan anda lihat nanti tentu akan menggantikan semua waktu yang terbuang saat dalam perjalanan. Selain itu anda juga bisa melakukan kegiatan outdoor disini.

Tangkahan
Panorama hutan hujan tropis yang sangat kental dapat anda nikmati disini. Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi dengan titik awal berada di kota Medan akan memakan waktu lebih lama sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 124 km. Dengan luas 17.000 ha menjadikan Tangkahan sebagai kawasan kegiatan konservasi. Alat tansportasi untuk melakukan patroli hutan pun terbilang sangat unik yaitu Gajah. Disinilah nilah tambah ketika anda berkunjung untuk berwisata ke Tangkahan, anda juga dapat menaiki dan berjalan-jalan dengan menunggangi gajah Sumatera.

Disekitaran wilayah tersebut juga terdapat dua sungai yang membelah TNGL yaitu Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan yang memiliki air yang sangat jernih.

3. Air Terjun Sipiso-piso
Memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan terletak disekitaran danau toba membuat air terjun sipiso-piso ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dan juga menjadi ikonik Sumatera Utara.

Kata “piso” yang berarti pisau karena air terjun ini jika dilihat dari jarah yang jauh memiliki bentuk seperti pisau, panjang dan kecil. Terletak di daerah Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

4. Istana Maimun
Istana Maimun adalah istana peninggalan kerajaan Deli pada tahun 1973 yang di pimpin oleh Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Dibangun pada tahun 1988 dengan konsep Indonesia, Persia dan Eropa yang di arsiteki oleh TH Van Erp yang juga bekerja sebagai Konijnlijk Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau dikenal sebagai tentara Kerajaan Hindia-Belanda.

Luas Istana Maimun adalah 2.772 m2 dengan 30 ruangan. Istana Maimun menjadi sebuah objek wisata bukan karena bangunan tua. Akan tetapi desain interior yang unik dan berkelas dengan pemaduan budaya Melayu dengan Islam, Spanyol, Italia dan India.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang belum terjamah dan terekspose tapi itu masih lebih baik daripada sudah diketahui oleh masyarakat luas. Karena pentingnya menjaga alam belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat.